Akhirnya Freeport Balik ke Ibu Pertiwi | OPINI.id
Akhirnya Freeport Balik ke Ibu Pertiwi

Melebihi penjajahan Jepang kepada Indonesia, 50 tahun sudah freeport dikuasai oleh bangsa asing.Di era kepemimpinan Jokowi, kini Indonesia sudah berhasil menguasai 51 persen saham Freeport. Tentu saja ini adalah sebuah pencapaian yang sangat baik.

Negosiasi sempat alot, maklum sudah terlalu lama Amerika asik mengambil kekayaan yang ada di tambang tersebut. Namun, akhirnya kita (Indonesia) berhasil merebut kembali separuh saham yang sudah lama mengeruk kekayaan Indonesia.

Kabar kini, PT Inalum (Persero) berencana membayar saham PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan ini. Hingga 51 persen sahamnya resmi jadi punya Indonesia. Seperti diketahui, Inalum punya dana yang cukup untuk membeli saham PTFI. Ini karena perusahaan pelat merah tersebut sudah mengantongi dana US$ miliar dari penerbitan surat utang global.

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa Indonesia tidak membeli semua saham freeport? Alasannya sederhana, saat ini nilai saham freeport terbilang sangat tinggi. Ditambah lagi teknologi dan biaya maintenance yang tidak sedikit. Untuk membeli 51 persen yakni separuh sahamnya saja, kita harus merogoh kroscek sebesar Rp 50 triliun.

Menurutmu, freeport akan dibeli semuanya gak sama Indonesia?
Gak mungkin
Mungkin aja
1173 votes

Komentar (9)

Fresh