Fakta Tentang Anjing Jenis Pitbull | OPINI.id
Fakta Tentang Anjing Jenis Pitbull

Kasus anjing jenis pitbull yang menyerang dan menggigit Herman, seorang penjaga keamanan di Komplek Rajawali Sawah Besar, Jakarta Pusat, sempat jadi perbincangan masyarakat. Sebenarnya kejadian ini adalah kelalaian sang pemilik, tapi seringkali pitbull dianggap jenis anjing yang agresif dan ganas.  

Padahal tak hanya anjing jenis pitbull, anjing ukuran kecil, besar, jantan atau betina, bahkan yang terlihat lucu sekalipun pada dasarnya bisa menggigit dan menyerang. Pasalnya semua jenis anjing memiliki tingkah laku dan karakter liar yang memang sifat alamiah yang perlu dimaklumi oleh semua pemilik anjing peliharaan.  

Baca juga:

    Nah, apakah memelihara anjing jenis pitbull itu berbahaya? Ini faktanya:

    1. Jenis anjing yang bersahabat. Meskipun memiliki rupa yang cenderung kuat, berotot, dan menakutkan, dalam kenyataannya anjing pitbull termasuk dalam golongan anjing yang sangat suka dengan keberadaan manusia.

    Memang, sebagian anjing pitbull bisa dilatih untuk keperluan menyerang manusia, sebagai anjing penjaga atau anjing pelacak, khususnya menangkap para penjahat atau pelaku kriminal. Namun, anjing pitbull termasuk dalam anjing yang sangat setia dan bersahabat bagi manusia.

    Pitbull terbesar di dunia.

    2. Tidak berbahaya bagi anak-anak. Anjing pitbull ternyata sangat suka dengan anak kecil. Ada kecenderungan anjing pitbull akan langsung mengajak anak kecil  bermain saat berada dekat dengan mereka. Pitbull selalu mendapat nilai tes yang tinggi sebagai anjing paling stabil di Amerika.

    Tak hanya itu, anjing pitbull yang terlatih dengan benar dapat menjadi anjing pekerja yang baik pula, bahkan menjadi anjing untuk terapi, akrab dengan anak-anak dan dapat menjadi anjing pendamping bagi balita. 

    3. Setiap anjing bisa menggigit dengan kuat. Anjing pitbull memang dikenal sebagai anjing yang memiliki gigitan yang sangat kuat dan tidak bisa dilepaskan. Hal ini ternyata bukan disebabkan oleh determinasinya yang sangat tinggi andai ingin menggigit sesuatu.

    Secara struktur tulang, anjing pitbull sebenarnya sama dengan anjing lainnya. Pitbull tidak dapat mengunci rahangnya (locking jaws) dan rahang mereka sama seperti rahang pada jenis anjing lainnya.

    Hanya saja, jika anjing pitbull sudah memiliki keinginan untuk menggigit sesuatu, maka ia tidak akan melepaskannya sampai keinginannya terwujud atau sampai diperintah oleh majikannya untuk melepaskannya.

    4. Bukan satu-satunya anjing agresif. Berdasarkan data American Temperament Test Society (ATTS) anjing Pit Bull tidak lebih agresif dari anjing Golden Retriever dan Beagle atau jenis anjing populer lainnya.

    Dalam penelitian yang dilakukan oleh ATTS, dari 122 jenis anjing, Pitbull mencapai tingkat temperamen yang baik sebesar 83.9%. Nilai tersebut sama baiknya atau bahkan lebih baik daripada Beagle 78.2% dan Golden Retriever 83.2%.

    5. Lambang keberanian. Anjing pitbull merupakan lambang dari keberanian, bahkan gambar pitbull digunakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada poster untuk merekerut anak muda guna menjadi prajurit selama perang dunia pertama.

    Lalu apakah pitbull bisa menjadi hewan peliharaan yang baik? Tentu saja bisa. Pasalnya tidak ada jenis anjing manapun yang agresif sejak lahir. Setiap anak anjing jenis apapun, baik keturunan ras murni maupun campuran pasti akan lahir satu anak anjing yang paling dominan dan satu anak yang paling penurut.

    Dalam lingkungan yang normal, baik anak anjing penurut atau dominan bisa menjadi agresif. Pasalnya dengan tingkat stress dan stimulasi negatif yang sama, anak anjing dominan bisa menjadi lebih agresif dengan cepat dibandingkan dengan anak anjing penurut. Kadang setiap jenis anjing akan menghasilkan anjing yang agresif.  

    Makanya jika kamu akan memelihara jenis anjing yang satu ini, harus diberi pelatihan dan sosialisasi yang cukup baik sejak pitbull masih kecil, untuk mencegah kecenderungan menjadi anjing yang agresif. 

    Setelah tahu faktanya, apakah kamu berminat memelihara anjing jenis pitbull?
    Minat
    PIkir-pikir
    Ga minat
    268 votes


    Komentar

    Fresh