Nasib Penelitian Situs Gunung Padang yang Terbengkalai | OPINI.id
Nasib Penelitian Situs Gunung Padang yang Terbengkalai

Situs Gunung Padang (Panghegar), Cianjur, Jawa Barat, digadang-gadang sebagai salah situs tertua di dunia, yang masih menjadi misteri karena kini nasib penelitian tentang situs Gunung Padang terbengkalai. Pasalnya sejak dua tahun terakhir, penelitian lapangan tidak dilanjutkan lagi.

Wakil Ketua Tim Nasional (Timnas) untuk Gunung Padang, Danny Hilman mengatakan, penelitian Gunung Padang sudah terhenti sejak Oktober 2014 atau sudah tidak ada lagi kegiatan penelitian langsung di lapangan. Tetapi, analisis laboratorium masih terus berjalan. 

Baca juga:

    Ia menyayangkan sikap pemerintah yang seakan tidak peduli dengan situs yang dianggap sebagai situs tertua di dunia ini. Sebab, sejak berakhirnya pemerintahan SBY, proyek pemugaran situs ini tak lagi berlanjut.

    Padahal dengan dituntaskannya penelitian akan membuka semua tabir yang tersimpan di dalam situs tertua di dunia itu. Menjadikan situs ini tidak saja warisan budaya Indonesia yang besar, tapi bisa jadi ikon pariwisata, budaya, pendidikan dan ilmu pengetahuan maupun religi yang tidak kalah dengan piramida Giza di Mesir.

    Sekilas Situs Gunung Padang

    Gunung Padang adalah sebuah kawasan situs Megalitikum berupa tumpukan batu punden berundak berukuran besar yang terbentuk dari letusan gunung api purba Karyamukti lebih dari 10.000 tahun lalu.

    Situs ini diperkirakan pertama kali dibangun pada 8000 SM. Usianya bahkan lebih tua dari Piramida di Mesir yang dibangun sekitar 2500 SM. 

    Tak hanya itu, Badan Tenaga Atom milik Amerika Serikat, di Miami Florida AS, merilis hasil uji lab karbon pada coring sample batu yang diambil dari sejumlah titik di Gunung Padang, menunjukkan bahwa usia Situs Gunung Padang ini lebih tua dari 11 ribu tahun.

    Hasil penelitian Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) maupun peneliti dari luar negeri, di temukan fakta-fakta yang membuktikan bahwa Situs Gunung Padang memiliki usia yang sudah sangat tua. Bahkan ada kemungkinan akan menjadi peninggalan peradaban yang tertua di muka bumi.

    Pemprov Jabar akan Lakukan Penataan  

    Di tahun 2019 Pemprov Jawa Barat berencana akan melakukan proses penataan dan konservasi Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini.

    Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, situs Megalitikum Gunung Padang menjadi bukti tingginya peradaban Sunda kuno pada masa lalu dan ia tidak rela jika kawasan ini semakin rusak akibat terganggu oleh aktivitas wisatawan dan pedagang yang sembarangan. 

    Dengan anggaran sampai Rp 50 miliar per obyek wisata, rencana penataan tipe dua untuk penataan destinasi di tahun 2019 mendatang akan dilakukan terhadap Gedung Sate, Kalimalang, Waduk Darma, Situ Ciburuy, Situ Bagendit, dan situs Gunung Padang.

    Setuju ga kalau situs ini jadi destinasi edukatif yang wajib dikunjungi saat liburan?
    Setuju
    Biasa aja
    Ga Setuju
    5512 votes


    Komentar (11)

    Fresh