Taksi Ijen Solusi Bagi Pendaki yang Kelelahan | OPINI.id
Taksi Ijen Solusi Bagi Pendaki yang Kelelahan

Jika kebanyakan gunung berapi memuntahkan lava pijar berwarna jingga kemerahan. Berbeda dengan Kawah Ijen. Di sini adalah satu-satunya gunung berapi di Indonesia yang mengeluarkan lava pijar berwarna biru menyala.

Warna biru ini bukan mistis, tenang guys. Warna biru ini muncul karena tingginya kadar sulfur atau belerang, yang bila terbakar akan mengeluarkan api berwarna biru. Gak heran kalau banyak turis atau wisatawa lokal yang datang ke Banyuwangi, Jawa Timur.

Tapi untuk mendaki kesini tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan stamina yang oke. Udara dingin dan waktu tempuh 2 jam pendakian untuk mencapai puncak gunung ijen di ketinggian 2.443 mdpl jadi adegan yang sangat menantang.

Tapi tenang, buat kamu yang memang tidak begitu memiliki stamina yang oke saat mendaki. Di sini sudah ada jasa 'taksi'. Eits, tapi bukan taksi mobil atau motor. Taksi di ini adalah sebuah troli atau gerobak yang biasa digunakan membawa belerang.

Troli yang mirip gerobak ini punya dua roda di kanan dan kiri lengkap dengan kemudi. Kehadiran taksi ini adalah untuk memudahkan pendaki yang kelelahan mencapai puncak gunung Ijen. Tapi, biayanya tak murah loh. Maklum untuk mendorong troli dibutuhkan tiga sampai empat orang.

Harga yang ditawarkan untuk wisatawan lokal berkisar Rp 800 ribu per orangnya, sedangkan untuk turis asing dikenakan biaya Rp 1,2 juta. Ini adalah ide para penambang belerang untuk mencari uang tambahannya. Jadi, taksi Ijen solusi buat kamu yang gak mau terlalu lelah saat menikmati keindahan Blue Fire di kawah Gunung Ijen.

Udah pernah ke Kawah Ijen belum?
Udah
Belum
143 votes

Komentar

Fresh