Wajib Tahu Dampak Negatif Cashless | OPINI.id
Wajib Tahu Dampak Negatif Cashless

1. Terpuruk Saat Bencana

Saat sudah tidak ada lagi uang tunai dan beralih ke non tunai,sudah pasti ada nilai negatifnya. Salah satunya adalah saat bencana tiba. Seperti yang terjadi di Hokkaido Jepang dan Puerto Rico.

Saat pembangkit listrik Tomato-Atsuma mati, maka semuanya semakin terpuruk. Sebagian besar mesin pengambil uang tunai tidak bisa digunakan. Gak itu saja, di Puerto Rico, seluruh sistem jatuh. Warga kesulitan uang tunai. Sedangkan proses transaksi non tunai tak bisa mengingat jaringan listrik dan internet mati diterjang badai Maria.

Bisa Diretas dan Lebih Boros

Dalam aturan BI uang elektronik beredar lewat penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang berupa bank atau lembaga selain bank yang bentuknya harus perseroan terbatas.

Dalam aplikasi uang elektronik itu bisa diretas dengan mudah karena sistemnya tidak sekuat kartu debit dan kartu kredit. Gak hanya itu aja, transaksi non tunai akan membuat kita cenderung lebih boros.

Makin Banyak Pengangguran

Non tunai atau cashless juga punya dampak lain. Apalagi kalau bukan pengangguran. Seperti halnya yang terjadi di pintu tol yang sudah menggunakan transaksi non tunai.

Kamu lebih suka mana?
Transaksi non tunai
Transaksi tunai
141 votes

Komentar

Fresh