8 Langkah Cerdas Belanja Online Saat Harbolnas 2018 | OPINI.id
8 Langkah Cerdas Belanja Online Saat Harbolnas 2018

Puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan jatuh pada Rabu, 12 Desember 2018 telah dimulai dengan Hari Belanja Online Edisi Produk Lokal pada Selasa, 11 Desember 2018. Pastinya ada banyak diskon yang ditawarkan pada Harbolnas 2018 ini, mengingat pastisipannya juga tidak sedikit. Harbolnas yang kini menginjak tahun keenamnya diikuti lebih dari 250 e-commerce.

Nah, agar tidak mengacaukan kondisi keuangan gara-gara lapar mata saat Harbolnas, sebaiknya kamu menyimak langkah demi langka belanja online saat pesta diskon Harbolnas 2018 berikut ini:

1. Cek Kondisi Keuangan

Langkah pertama yang wajib dilakukan yakni memastikan kondisi keuangan. Kalau nggak ada uang, mana mungkin belanja kan. Mengecek kondisi keuangan, termasuk di dalamnya mengecek apakah masih ada utang dari belanja sebelumnya, entah melalui kartu kredit ataupun institusi keuangan digital lainnya. Jika masih punya utang, lebih baik beresi utangnya dan menahan diri untuk tidak berbelanja.

2. Tetapkan Anggaran Belanja

Jika kondisi keuangan memungkinkan untuk berbelanja pada Harbolnas 2018, tetapkan anggaran belanja agar terarah.

3. Penuhi Kebutuhan Jangan Kalap


Setelah anggaran ditetapkan, buatlah daftar kebutuhan yang akan dibeli saat Harbolnas 2018. Acap kali banyak dari kita rancu dengan yang namanya kebutuhan yang tak terbedakan dengan keinginan semata. So, buatlah prioritas list untuk barang atau produk yang benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai belanja kita melebihi budget anggaran.

4. Cermati Diskon Akal-akalan

Langkah selanjutnya yakni mencari promo atau diskon terbaik dari setiap e-commerce yang berpartisipasi dalam Harbolnas 2018. Hari ini adalah saat yang tepat untuk mengecek harga di beberapa toko online untuk mengetahui harga pasar. Pengecekan ini perlu dilakukan agar kita tidak tertipu dengan promo atau diskon akal-akalan dengan menaikkan harga terlebih dahulu lalu menetapkan diskon besar seakan-akan barang tersebut dalam periode promo luar biasa. So, belanja cerdas itu sama artinya dengan tidak gampang tergiur dengan potongan yang gede.

5. Selalu Cek Review dan Rating e-Commerce


Penting untuk selalu mengecek review, rating dan komen e-commerce untuk menentukan terpercaya tidaknya e-commerce tersebut. Jangan sampai karena tidak teliti, jadi malah kecewa dan merugi.

6. Gunakan Kode Voucher dan Ongkir

Memanfaatkan kode coucher yang biasanya disediakan e-commerce adalah cara hemat untuk menekan pengeluaran. Selain itu, manfaatkanlah layanan gratis ongkir karena sejumlah e-commerce menawarkan jasa ongkos kirim gratis. Ongkir gratis bisa menekan pengeluaran pribadi.

7. Gunakan Aplikasi Pembayaran yang Menguntungkan


Metode pembayaran e-commerce kini sangat mudah, misalkan dengan aplikasi IPOTPAY milik PT Indo Premier Sekuritas. Aplikasi tabungan online yang memberikan imbal hasil 7-9 % per tahun ini memiliki fitur Pembayaran e-Commerce. Setelah menyelesaikan transaksi pembelian e-commerce dengan memilih metode pembayaran via ATM, pembeli tinggal menyelesaikan pembayarannya dengan IPOTPAY. Selain itu, ada juga fitur Transfer yang benar-benar menguntungkan karena bebas biaya transfer, tanpa limit dan bisa transfer kapan saja melalui smartphonemu.

8. Pakai Perangkat dan Koneksi Internet yang Memadai

Berbelanja online saat Harbolnas 2018 sangat disarankan menggunakan gadget dengan koneksi internet yang memandai. Karena trafik yang tinggi, perangkat dan jaringan internet yang memadai akan memudahkan kita selaku konsumen mendapatkan barang yang diinginkan.

Komentar

Fresh