Tiga Cara Cegah Pemanasan Global Mulai Dari Diri Sendiri | OPINI.id
Tiga Cara Cegah Pemanasan Global Mulai Dari Diri Sendiri

Isu pemanasan global bukan lagi jadi hal yang asing di tengah masyarakat modern saat ini yang sangat erat kaitannya dengan pencemaran udara di seluruh dunia. Namun, kita tidak boleh lengah atau meremehkan akan kasus ini karena dampak yang dialami akan sangat merugikan kita semua.

Dampak pemanasan global yang terjadi adalah perubahan cuaca dan iklim yang sangat ekstrem, kenaikan permukaan laut, air tanah cepat menguap sehingga menyebabkan kekeringan, polusi udara dan pencemaran lingkungan yang meningkat hingga curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan banjir dan badai.

Baca juga:

    Jika kita punya niat yang sungguh-sungguh maka upaya penanggulangan pemanasan global bisa dimulai dari sendiri kita sendiri dan lingkungan sekitar. Semua itu, harus segera kita lakukan demi masa depan kehidupan anak-cucu kita kelak. 

    Ada tiga langkah nyata yang dapat kita lakukan dalam keseharian hidup kita untuk mengurangi pemanasan global: 

    1. Melakukan penghematan listrik

    Dengan menghemat penggunaan listrik, secara tidak langsung kita telah mengurangi kadar C02 pada lapisan atmosfer karena sebagian besar gas CO2 ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. 

    1. Mengurangi penggunaan kendaraan bahan bakar fosil

    Seperti diketahui bersama kendaraan bahan bakar fosil, seperti mobil dan motor merupakan penyumbang CO2 terbesar di perkotaan. Dengan meningkatnya pemakaian kendaraan pribadi maka emisi karbondioksida yang ditimbulkan makin besar pula. Untuk mengurangi penggunaan kendaraan bahan bakar fosil, kita bisa beralih menggunakan sepeda maupun transportasi umum. 

    1. Biasakan Menanam pohon

    Menanam pohon atau reboisasi merupakan langkah nyata untuk menyeimbangkan kadar gas CO2 di lapisan atmosfer. Pasalnya pohon akan menyerap gas CO2 untuk melakukan proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Tak cukup menanam pohon di halaman atau pot, tapi kita juga perlu menularkan kebiasaan positif ini dilingkungan tempat tinggal dan sekitar. 

    Seperti juga yang dilakukan Djarum Foundation melalui Djarum Trees For Life (DTFL) yang terus konsisten menanggulangi pemanasan global dengan melakukan menanam pohon Trembesi di ruas Tol Trans Jawa. Di tahun 2018 ini, DTFL menanam 8.400 pohon Trembesi di ruas Tol Trans Jawa, meliputi ruas Tol Surabaya – Mojokerto dan ruas Tol Gempol - Pasuruan.

    Pemilihan Pohon Trembesi yang sudah dibudidayakan oleh Djarum Foundation tak lepas dari efektivitasnya yang sangat unggul menyerap gas CO2. Trembesi disebut juga Pohon Hujan karena memiliki ketinggian hingga 20 meter dan memiliki tajuk yang sangat lebar. Diyakini dari satu batang Trembesi dewasa mampu menyerap 28,5 ton CO2 pertahun.

    Cara mana yang sudah kamu lakukan untuk mengurangi Pemanasan Global?
    Penghematan listrik
    Menggunakan sepeda atau tranportasi umum
    Menanam pohon
    112 votes

    Komentar (1)

    Fresh