4 Benda Kita yang Menerapkan Ilmu Fisika | OPINI.id

Pernah kah terbesit di pikiranmu kalau materi-materi fisika yang kamu pelajari di sekolah nggak akan berguna untuk kehidupan sehari-hari nantinya? Tapi nyatanya, di kehidupan sehari-hari, rumus-rumus dalam konsep serta prinsip Fisika sangat dibutuhkan dan bahkan diaplikasikan ke dalam 4 benda yang sering banget kita gunakan. Wah, benda-benda apa saja ya?

1. Jam Beker

Dengan bunyinya yang cukup keras, kamu pun berhasil bangun pagi. Bunyi bukanlah sesuatu yang dapat kamu lihat, melainkan bisa kamu dengar dan rasakan. Nah, Fisika akan mempelajari sumber, perambatan, dan juga sifat dari bunyi. Hal-hal tersebut bekerja dalam konsep mekanika kuantum. Konsep ini mempelajari hal-hal terkecil di dalam skala atom dan juga elektron. Dalam konsep mekanika kuantum, sebuah objek dinilai berada dalam probabilitas, menjadikannya memiliki peluang untuk berada di satu titik kemudian ke titik lainnya, dan seterusnya.

2. Pulpen

Pada saat kamu menulis, kamu akan menggoreskan pulpenmu di atas sebuah kertas. Kala itu, bola yang berada di dalamnya berputar. Kemudian, gaya gravitasi akan memberikan sebuah tarikan pada tinta di dalam pulpen yang menjadikannya berada pada bagian bola yang sebaliknya. Nah, ketika itulah, tinta di dalam pulpen bisa keluar ke atas kertasmu, lalu kamu pergunakan untuk menulis dan menambah ilmu, deh!

3. Lensa Kamera

Ternyata, kamera yang kamu gunakan untuk selfie maupun mengambil gambar lainnya juga menerapkan ilmu Fisika di dalamnya. Prinsip yang dipergunakan ialah prinsip optikal. Sebuah set yang terdiri atas lensa cembung pada kamera akan memberikan gambar di luar kamera ke dalam kamera itu sendiri. Meski telah ditemukan sejak 180 tahun yang lalu, namun pada dasarnya semua kamera hingga saat ini masih menggunakan prinsip yang sama dengan komponen yang sama juga.

4. Ponsel

Kira-kira prinsip Fisika apa ya yang dipergunakan di dalam ponselmu? Kalau jawabanmu adalah prinsip listrik dan spektrum elektromagnetik, kamu betul sekali. Ponsel bekerja dengan prinsip tersebut, memanfaatkan pola bergelombang yang dimiliki oleh listrik dan magnet. Wah, ternyata benda-benda yang kamu gunakan sehari-hari juga menggunakan prinsip dan konsep yang kamu jumpai di pelajaran Fisika, ya?

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/menerapkan-ilmu-fisika-dalam-4-benda-ini/

Penulis: Evita

Seberapa sukak kalian dengan pelajaran Fisika?
Hehe, nggak sama sekali
Lumayan sukak
Pelajaran favorit!
12 votes

Komentar

Fresh