5 Kesalahan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja | OPINI.id

Membuat surat lamaran pekerjaan memang tidak bisa sembarangan. Sebab, ketika kamu tengah melamar pekerjaan, kamu harus menunjukkan keseriusan melalui surat lamaran tersebut. Oleh karena itu, kamu harus teliti dalam membuat surat lamaran tersebut dan hindari kesalahannya lewat tips-tips ini:

1. Nggak Perlu Bohong, Apa Adanya Aja

Hal utama dan paling penting saat menuliskan surat lamaran pekerjaan ialah jujur. Sebab, kejujuran itu akan terlihat oleh orang yang membaca lamaranmu. Saat kamu tidak jujur dan terlalu membual dalam surat lamaran, maka hal itu hanya akan membuatmu tidak akan diterima di perusahaan tempatmu melamar. Upayakan jangan terlalu membual tentang kelebihanmu dan jangan menutupi kekuranganmu. Lalu, kamu harus jujur dalam hal keterampilan atau skill yang kamu miliki.

2. Jangan Joki

Surat lamaran pekerjaan itu mencerminkan karakter yang membuatnya. Bila kamu mengajukan pekerjaan dengan surat pekerjaan yang ditulis oleh orang lain, maka kemungkinan kamu dipanggil tidak akan besar. Oleh sebab itu, kamu wajib menulis surat lamaran pekerjaanmu sendiri. Menulis sendiri juga memberikan kepercayaan diri yang lebih ketimbang kamu hanya menggunakan template yang berseliweran di internet.

3. Saya Prefer di Bidang Ini Which Is ...

Agar dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang formal, kamu harus membiasakan diri menulis dengan ketentuan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kamu harus tahu mana kata yang tepat untuk disematkan dalam lamaranmu. Kemudian, hindari penggunaan bahasa asing yang tidak perlu. Kalau dalam percakapan sehari-hari, kamu boleh menggunakan bahasa anak-anak Jaksel. Tapi, untuk lamaran pekerjaan, jangan sampai bahasanya campur aduk.

4. Lupa Mencantumkan Posisi yang Dilamar

Seringkali, seseorang saat menuliskan surat lamaran pekerjaan lupa menuliskan posisi pekerjaan yang akan dilamarnya. Padahal, saat perusahaan menerima surat lamaran pekerjaan yang tidak dicantumkan posisi lamarannya pasti surat itu tidak akan dibaca. Sebab, perusahaan akan bingung dengan isi surat lamaran tersebut.

5. Juara 3 Melukis Tingkat Kabupaten Waktu Kelas 4 SD

Di dalam surat lamaran pekerjaan, kamu harus menuliskan informasi-informasi penting yang menunjang dan berhubungan dengan posisi pekerjaannya. Informasi-informasi itulah yang akan digunakan HRD untuk memutuskan akan wawancara atau tidak. Namun, kamu jangan memasukkan semua informasi tentang dirimu yang tidak berhubungan ke dalam surat lamaran. Jangan sampai kamu jadi gagal mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan hanya karena kesalahan yang sebenarnya dapat kamu hindari dengan mudah. Jadi, mulai sekarang teliti dan perhatikan surat lamaran kerjamu, ya!! Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/career/5-hal-membuat-surat-lamaran-pekerjaan/ Penulis: Muhammad Khairil

Komentar

Fresh