Ide-Ide Bikin Fakultas Ala Jokowi | OPINI.id

Banyak komoditas unggul dan beragam potensi lainnya di Indonesia, Presiden Jokowi punya perspektif sendiri sebagai solusi untuk mengeksplorasi beragam komoditas dan potensi Indonesia.

UNPAD diusulkan bikin fakultas Meme

Ini ngeledek atau candaan? Haha. Pada acara Dies Natalies ke-60 UNPAD, Presiden Jokowi hadir dan memberikan pidato. Dalam pidatonya “"Harusnya Unpad ini punya fakultas media sosial, jurusannya meme, kenapa tidak? Jurusannya animasi, kenapa tidak? Karena ini yang ke depan akan kita hadapi." Jurusan Animasi mungkin maksudnya bukan meme, kalau bikin meme sama saja kayak buzzer-buzzer itu dong. Jadi bikin jurusan buzzer dong ahaay. Alasan utamanya karena perubahan jaman yang ikut mengubah tren industri. "Universitas harus mengantisipasi perubahan-perubahan itu. Dunia berkembang sangat cepat, inovasi bukan hanya membawa perubahan yang fundamental. Sekarang kita sedang berada pada tahap transisi. Bukan hanya di kota besar, tapi juga di pelosok desa," gitu kata Beliau.

Usulan Fakultas Sawit

Presiden Jokowi usulkan pendirian Fakultas Kelapa Sawit ketika berkunjung untuk meresmikan satu kampus di STIKES Lamongan. Alasannya "Universitas harus mengantisipasi perubahan-perubahan itu. Dunia berkembang sangat cepat, inovasi bukan hanya membawa perubahan yang fundamental. Sekarang kita sedang berada pada tahap transisi. Bukan hanya di kota besar, tapi juga di pelosok desa," kata Beliau. Dalam kesempatan ini Presiden Jokowi juga mengusulkan pendirian Fakultas Kopi.

Fakultas Ekonomi Digital

Selain usulan pendirian Fakultas Kelapa Sawit, Presiden jokowi juga mengusulkan pendirian Fakultas Ekonomi Digital. "Universitas harus mengantisipasi perubahan-perubahan itu. Dunia berkembang sangat cepat, inovasi bukan hanya membawa perubahan yang fundamental. Sekarang kita sedang berada pada tahap transisi. Bukan hanya di kota besar, tapi juga di pelosok desa," katanya. Ia pun berjanji akan menyambangi kampus yang berinisiatif mendirikan Fakultas ini. Yuk bikin fakultas ini supaya kampusnya dikunjungi Presiden… eh

Fakultas Penggilangan Padi Modern

Presiden Jokowi juga mengusulkan pendirian fakultas Penggilingan Padi Modern? Yang bener aja nih Pak? Ada satu fakultas yang hanya urusin penggilingan padi, sedangkan ukuran industrinya saja masih kecil… kalau program studi atau jurusan masih masuk akal sih… Mungkin Bapak Presiden bisa baca atau tanya ke orang sekitar Bapak, sudah banyak penelitian yang mengadopsi teknologi modern atau pendekatan tren terkini yang berhubungan dengan fakultas-fakultas Bapak usulkan.

Mana yang paling masuk akal buat dijadikan fakultas?
Fakultas Kelapa Sawit & Kopi
Fakultas Ekonomi Digital
Fakultas Animasi (Meme)
Penggilingan Padi Modern
19 votes

Komentar

Fresh