Meditasi Atasi Parno Naik Pesawat | OPINI.id

Takut naik pesawat, apalagi di ketinggian 30.000 kaki, tenang ada cara baru nih yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Virgin Australia.

Meditasi di ketinggian 30.000 kaki

Sejak kasus jatuhnya pesawat milik Lion Air JT610, banyak orang jadi makin takut naik pesawat terbang. Nah, maskapai Virgin Australia kenalkan program meditasi selama penerbangan. Program ini itu ditawarkan bagi para penumpang yang memang mudah tertekan saat terbang alias parno dan panik. Sesi meditasi pertama ini diklaim pertama di dunia. Mereka menggandeng perusahaan meditasi asal Australia Smiling Mind. Di sini kamu dapat perlakuan spesial. Handuk panas, sesi pijat dan sesi meditasi yang dipimpin oleh instruktur meditasi profesional.

Bedanya Aerophobia dan takut naik pesawat

Siapa sih yang gak takut naik pesawat terbang? Ketakuta ini disebut dengan aerophobia. Aerophobia, atau yang dikenal juga dengan nama aviophobia, adalah ketakutan untuk naik transportasi udara. Baik dengan helikopter, pesawat terbang, balon udara, atau transportasi udara lainnya. Bedanya aerophobia ini cenderung untuk menghindari liburan atau perjalanan apa pun dengan pesawat.Gejala tersebut antara lain berkeringat, gelisah, meningkatnya denyut jantung, mual, muntah, serta mengalami gangguan pencernaan seperti mulas. Selain secara fisik, muncul pula berbagai gejala psikis seperti takut mati, tidak dapat berpikir jernih, disorientasi, linglung, dan gugup. Sedangkan orang yang takut naik pesawat biasanya tidak benar-benar menunjukkan gejala ketakutan secara fisik. Mereka mungkin hanya merasa gugup, tapi tidak sampai berkeringat atau muntah. Jadi berangkat dari sini, Virgin Australia coba berikan fasilitas meditasi. Dan mulai tahun 2019, penumpang maskapai ini juga bisa cari tahu. Apakah dirinya termasuk orang yang panik saat naik pesawat atau tidak lewat layanan yang diberikan. Jika memang mudah panik maka pihak maskapai akan memberi komunikasi dukungan sebelum dan selama penerbangan. Menurut perusahaan meditasi Smiling Mind, meditasi atau pemusatan pikiran menjadi medium yang pas untuk mengurangi stres atau panik selama penerbangan.

Kamu sendiri takut gak naik pesawat terbang?
Takut
Gak takut
248 votes

Komentar

Fresh