Musik Bambu Hitada | OPINI.id

Seni tradisional merupakan warisan seni budaya leluhur Bangsa Indonesia. Meski zaman semakin maju, jangan pernah lupakan akar budaya atau asal usul seni Nusantara dengan Sejuta Bunyi Indahnya. Nusantara Sejuta Bunyi kali ini akan mengetengahkan tentang Musik Bambu Hitada yang berasal dari Maluku Utara.

Asal Usul

Musik Bambu Hitada adalah salah satu kesenian musik atau orkes tradisional yang berasal dari Maluku Utara, terutama di kalangan masyarakat Halmahera. Asal usul Musik Bambu Hitada berasal dari kebiasaan masyarakat Maluku pada zaman dahulu yang lebih banyak hidup bersama alam. Alam yang luas tidak hanya membantu mereka dalam bertahan hidup, namun juga menjadi inspirasi dalam menciptakan sesuatu alat musik.

Fungsi

Bagi masyarakat di Halmahera, musik Bambu Hitada ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan semata, tapi juga untuk berkomunikasi dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Pasalnya kebiasaan masyarakat pada zaman dahulu menggunakan lagu dan musik sebagai media untuk berkomunikasi kepada Tuhan atau leluhur mereka. Namun saat ini sudah tidak dilakukan lagi, dan sajian musik ini hanya sebagai media hiburan.

Jenis Alat Musik

Kesenian musik satu ini biasanya dimainkan secara berkelompok dengan menggunakan berbagai alat musik tradisional yang khas. Alat musik yang digunakan pada Musik Bambu Hitada ini biasanya terdiri dari ruas bambu, cikir, biola, dan juk. Ruas bambu ini merupakan salah satu alat musik utama yang digunakan pada musik hitada. Memiliki panjang yang berbeda dan setiap batang bambu dilubangi sesuai dengan panjang bambu agar menghasilkan nada yang berbeda beda.

Alat Musik Pengiring

Alat musik pengiring Orkes Tradisonal Bambu Hitada adalag: Cikir Alat musik tradisional Maluku Utara yang terbuat dari batok kelapa dan biji-bijian, biasanya yang digunakan adalah biji kacang hijau kering dan dimainkan dengan cara digoyang-goyang seperti alat musik modern marakas. Juk/Leko Boko/Bijol Alat musik tradisional ini adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Leko boko biasanya hanya memiliki 4 dawai atau senar. Biola adalah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek.

Pertunjukan Musik Bambu Hitada

Musik Bambu Hitada dimainkan secara berkelompok. Jumlah pemain biasanya terdiri dari 7 sampai 13 orang. Dalam pertunjukan Musik Bambu Hitada biasanya dibawakan oleh para pria. Sedangkan kaum wanita bertugas sebagai vokalis. Lagu yang dibawakan biasanya merupakan lagu-lagu adat atau lagu lagu daerah Maluku. Namun ada juga yang menampilkan lagu pop modern.

Sumber :

https://bit.ly/2NdfmCO https://bit.ly/2OpWugv https://bit.ly/2p99Cvd https://bit.ly/2xavmLK https://bit.ly/2p8essK https://bit.ly/2CZR4Yf

Komentar

Fresh