Antivaksin MR Merugikan Orang Lain | OPINI.id

Vaksin berasal dari kata vaccinia, penyebab dari infeksi cacar sapi dimana jika diberikan kepada manusia akan menimbulkan kekebalan terhadap cacar.

Vaksin memiliki dampak positif pada tubuh manusia, namun anehnya masih saja ada yang bersifat antivaksin.

Pemerintah secara berkala mulai memberikan vaksin MR secara gratis buat warga yang dimulai Agustus 2017 kemudian akan dimulai kembali pada tahun 2018.

Apa sih vaksin MR? terus apa bedanya sama MMR?

Measles Rubella

MR berasal dari kata Measles (Campak) dan Rubella (Campak German). Measles dan Rubella adalah penyakit yang sangat mirip yang sering muncul pada anak kecil. Selain munculnya demam, campak ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah di badan. Selama proses inkubasi virus (10 - 14 hari) penderita tidak memunculkan tanda-tanda sakit, setelah melewati itu muncul demam dan tanda-tanda bintik merah di kulit. Tingkat kematian akibat campak semakin menurun, namun konon orang yang meninggal akibat campak masih berkisar sampai 100ribu orang setahun.

MR sangat menular

MR sangat menular, hampir 90 persen orang yang terekspose dengan penderita campak MR ini dipastikan akan tertular. Jauhi orang-orang yang terkena campak dengan anak kecil dan bayi, karena daya tahan mereka terhadap penyakit masih rendah. Hampir dipastikan, orang yang tidak pernah divaksin akan sangat mudah terkena penyakit ini. Jadi? Kalau kamu tidak divaksin bisa diartikan juga kamu sudah menyebarkan penyakit ini.. akh!! 1 lagi!!, jangan sampai ibu hamil terkena MR, karena bisa berakibat cacat pada bayinya. Kebayangkan kalau anak tetangga petantang-petenteng dengan bangganya orangtuanya bilang tidak divaksin, ternyata akhirnya menderita MR dan menyebabkan Ibu Hamil tetangganya tertular sehingga anaknya cacat!!... nah! Jadi cuma ada dua cara mencegah penyebaran virus ini, 1) isolasi dan 2) vaksin!!

Beda MR dan MMR

Vaksin MR diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus measles (campak) dan rubella (campak jerman). Sedangkan MMR, merupakan vaksin untuk mencegah terjadinya penyakit infeksi measles, mumps (gondong), dan rubella. Jadi, meskipun anak sebelumnya sudah mendapat vaksin MMR, anak tetap harus mendapatkan vaksin MR. sumber : beragam

Hukuman apa yang tepat bagi orangtua yang membiarkan anaknya tidak divaksin?
Penjara
Denda Saja
Penjara dan Denda
Tidak usah dihukum
137 votes

Komentar (1)

Fresh