Mengenal Aliran Musik Vaporwave | OPINI.id

Vaporwave adalah sebuah pengalaman yang istimewa 🎧

The Beginning

Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata internet? Mungkin anda akan berpikir kalau internet merupakan sebuah dunia yang luas dan tak berujung. Bermiliaran informasi dari yang umum hingga yang aneh dan unik terdapat di dalamnya. Jika anda tipe orang yang membenci hal hal berbau "mainstream" , maka internet telah memberikan berjuta forum dan blog yang menyediakan informasi tentang budaya-budaya alternatif. Vaporwave adalah salah satu aliran musik yang lahir di internet. Aliran ini tercipta saat sekumpulan hipster di sebuah forum bergabung dan menjadi dekat karena kecintaan mereka terhadap budaya 80an dan 90an, design grafis, estetika, dan Jepang. Forum tersebut adalah awal permulaan dari sebuah budaya yang secara perlahan akan mulai menguasai internet di era ini.

SUMBER

https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Vaporwave

https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Vaporwave

 

What Is Vaporwave Anyway?

Vaporwave sendiri merupakan aliran musik elektronik modern yang aneh. Dimana lagu-lagu orang lain (umumnya lagu pop 80an dan 90an) diambil kemudian dilakukan berbagai tahapan edit dan ditambahkan efek hingga akhirnya berubah menjadi sesuatu yang baru. Secara tulisan aliran musik ini bisa dibilang malas dan tidak kreatif karena artis-artisnya hanya mengedit lagu yang sudah ada dari dulu, tetapi musik adalah sesuatu yang harus didengar dan bila dilakukan dengan benar vaporwave adalah sebuah pengalaman yang istimewa. Keistimewaan vaporwave tidak berhenti hanya disitu, karena banyak komunitas vaporwave yang menjadikan internet sebagai media kritik terhadap kapitalisme dan percepatan teknologi informasi yang membuat manusia terlena. Oleh karena itu nama-nama seniman seperti Macintosh Plus, telepath, VHS Logo, Architecture in Tokyo, dan Groovy Godzilla muncul dengan tokoh anonim. Mereka menyatakan bahwa musik adalah kenikmatan yang harus dibagi.

Counclusion

Musik vaporwave sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010, tetapi pengguna internet pada waktu itu tidak sebanyak sekarang, membuat aliran musik ini kurang diminati. Aliran musik vaporwave juga merupakan bentuk perlawanan terhadap aliran musik EDM kebanyakan. Salah satu alasan aliran musik vaporwave terbentuk adalah karena kejenuhan banyak orang akan musik elektronik kebanyakan. Itulah kenapa aliran musik ini cenderung terdengar aneh, karena memang tujuan awal aliran musik ini adalah agar terdengar berbeda. Tidak mengherankan karena, vaporwave yang mengambil corak sampel musik 80an dan 90an serta sedikit smooth jazz ditambah dengan visualisasi era retro yang merupakan sebuah pesan bahwa kita harus sedikit menikmati lari yang sangat kencang di era seperti ini. Karena itulah sampai saat ini vaporwave tetap mempunyai penggemarnya sendiri terutama didunia internet tempat dimana aliran ini lahir dan berkembang.

https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Vaporwave

 

Komentar (1)

Fresh