Jamu Buat Amien Rais Biar Gak Halu | OPINI.id

Pernyataan Amien Rais yang menggolongkan partai di Indonesia menjadi 'partai Allah' dan 'partai setan'. bikin warga Yogyakarta gerah.

Mereka pun pilih untuk memberikan balsem, telur, dan juga jamu untuk politisi senior di Partai PAN itu.

Aksi Suguhkan Jamu Seniman Yogyakarta

Para seniman dan budayawan Yogyakarta yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Yogyakarta Istimewa (Koyok) gelar aksi budaya di Bunderan UGM Yogyakarta. Mereka semua melakukan aksi teatrikal dan menarikan tarian Topeng Ireng diiringi musik gamelan dan prajuti bregodo Mataram.

Gak hanya itu, beberapa penari melakukan aksi simbolis 'mengirimkan' telur bebek, jamu beras kencur, balsem, dan kerokan kepadan Amien Rais. Aksi ini digelar sebagai bentuk keprihatinan dan teguran atas ucapan berbau SARA yang dilontarkan oleh bapak reformasi tersebut.

Menurut kordinator acara, telur bebek dan benda lainnya dikirimkan sebagai bentuk teguran agar Amien sadar dan bisa berpikir dan bertindak bijak.

Stop Adu Domba

Sosok Amien Rais memang kerap jadi kontra di pemerintahan Jokowi. Beberapa serangan untuk Jokowi pun seringkali dilakukan olehnya. Terakhir adalah pembahasan perihal partai Allah dan partai Setan.

Aksi ini ditujukan untuk mendesak Amien minta maaf. Mantan Ketua MPR itu harus intropeksi, dan koreksi diri. Pasalnya, pernyatannya sangat berbahaya karena mengadu domba masyarakat.

"Di masyarakat Jawa ada adagium nguduri tuwo, artinya seiring usia yang semakin renta alangkah baiknya seseorang mulai mawas diri, bersikap lebih tenang, santun, dan menarik diri dari hiruk pikuk duniawi," ucapnya.

Apakah ucapan Amien Rais selama ini cukup menganggu persatuan dan kesatuan?
Ya
Nggak
736 votes

Komentar (3)

Fresh