Selamat Hari Perempuan Internasional | OPINI.id

Tiap tanggal 8 Maret, dunia memperingati Hari Perempuan Internasional. Penetapan tanggal ini adalah sebuah proses panjang sejak 100 tahun lalu loh!

Asal Usul International Women's Day

Kalau menurut situs resmi PBB, pertama kali dilakukan peringatan Hari Perempuan Internasional pada 28 Februari 1909 di New York, Amerika Serikat. Nah, agenda ini diinisiasi oleh Partai Sosialis Amerika Serikat guna memperingati setahun berlalunya demonstrasi kaum perempuan setahun sebelumnya di New York pada 8 Maret 1908. Cikal bakalnya berawal dari gerakan tuntutan hak oleh kaum perempuan pada tahun 1908. Tepatnya para pekerja pabrik garmen. Mereka mau dapat hak berpendapat dan berpolitik. Tahun 1910, organisasi sosialis internasional akhirnya kumpul di Kopenhagen buat menetapkan hari ini. Usul juga dah disepakati oleh 100 perempuan dari 17 negara. Hanya saja belum ditetapkan tanggal berapa perayaan Hari Perempuan Internasional dipatenkan. Hingga akhirnya, di 4 negara ada gerakan perempuan yang menolak perang dunia 1. Dan pada tahun 1975, untuk pertama kalinya PBB memperingati Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret. Sejak saat itulah, 8 Maret jadi Hari Perempuan Internasional.

Peringatan Hari Perempuan Internasional di Belahan Dunia

Beda negara, beda juga cara merayakan Hari Perempuan Internasional. Kalau di Afghanista, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kamboja, China, Laos,Nepal, Vietnam dan Zambia hari ini jadi hari libur nasional. Sedangkan di negara lainnya biasanya hanya merayakannya dengan cara memberikan hadiah kepada istri, kekasih, ibu, atau teman perempuan saja.

Tujuan Dibalik Hari Perempuan Internasional

Seberapa pentingkah perayaan ini? Jawabannya sangat penting bagi perempuan. Soalnya, Hari Perempuan Internasional itu tujuannya adalah mencapai kesetaraan gender bagi perempuan dimana pun berada. Soalnya di beberapa sektor baik dari pendidikan, kesehatan, hingga kekerasan terhadap perempuan masih lebih buruk dibanding laki-laki. Mirisnya lagi, menurut World Economic Forum, kesenjangan gender diprediksi baru akan terhapus saat tahun 2186.

Komentar

Fresh