WNI Agen Korut? | OPINI.id

Siti Aisyah diduga terlibat pembunuhan Kim Jong Nam. Ia juga dituding menjadi agen mata-mata Korea Utara.

Siapakah Siti Aisyah?

Indonesia geger setelah pemberitaan kematian Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tewas dibunuh. Pembunuhan ini geger lantaran ada satu pelaku pembunuhan wanita bernama Siti Aisyah memiliki paspor Indonesia.

Siti pun diduga melakukan pembunuhan bersama teman wanitanya yang memiliki paspor Vietnam bernama Doan Thi Huong. Ia pun ditahan 7 hari di Malaysia. Siti Aisyah pernah bekerja di perusahaan konfeksi milik seorang Tionghoa bernama Lian Kiong alias Akiong.

Sebelum nikah dengan Gunawan Hasyim alias Ajun. Ia menikah di Serang,Banten. Sebelum kerja di Malaysia, Ajun membantu Akiong di rumah konveksi punya ayahnya di Gang Kacang, Jl Angke Indah, Angke, Tamboran,Jakbar.

Ajun cerai dengan Siti karena perselingkuhan. Siti diyakini sebagai sosok pendiam di Tambora. Nama panggilannya adalah Neng. Meski ia bekerja di Malaysia, statusnya bukanlah sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).

Baca juga:

    Spekulasi Pembunuhan Kim Jong Nam

    Siti Aisyah WNI diduga melakukan pembunuhan terhadap kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Ia bersama teman wanita dan juga empat pria yang diduga otak dibalik pembunuhan ini tertangkap basah melakukan aksi pembunuhan di Bandara KLIA2.

    Jong-Nam (46) diserang di terminal KLIA2 pada Senin (13/2) pagi, saat menunggu penerbangan ke Macau. Menurut kepolisian Malaysia, Jong-Nam mengaku pusing setelah merasa ada seseorang menyergapnya dari belakang. Dia meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

    Media lokal Malaysia, New Straits Times (NST) yang telah melihat rekaman CCTV secara utuh, melaporkan bahwa momen penyerangan Jong-Nam terjadi dalam 5 detik. NST menyebut rekaman CCTV menunjukkan Jong-Nam sedang berdiri di kerumunan beberapa orang di depan area self check-in KLIA2, saat diserang. Spekulasi pun muncul soal cara racun dimasukkan ke tubuh Jong-Nam.

    Berbagai laporan menyebut pelaku membekapkan kain yang diberi zat kimia mematikan ke wajah Jong-Nam. Laporan lain menyebut pelaku memasukkan racun dengan jarum suntik ke leher Jong-Nam. Sumber otoritas Amerika Serikat (AS) menyebut, pena khusus digunakan untuk menyemprotkan racun ke wajah Jong-Nam. Belum ada keterangan resmi terkait spekulasi itu.

    Siti Asiyah Jalani Sidang Kedua

    WNI yang diduga jadi agen Korut ini harus menjalani sidang kedua di Kuala Lumpur. Dalam sidang Kamis (13/04) ini majelis hakim akan mendengarkan sejumlah bukti dari Jaksa.

    Dalam sidang pertama, Siti dan seorang warga Vietnam, Doan Thi Huong, didakwa membunuh Jong-nam dan dikenakan pasal pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati.

    Menurut keterangan polisi Malaysia, Siti dan Huong diduga telah membekap wajah Jong-nam dengan kain yang mengandung racun kimia pada 13 Februari lalu.

    Siti sendiri mengaku dibayar 400 ringgit untuk berperan dalam video lelucon untuk acara televisi, dan menduga zat kimia itu sebagai minyak untuk bayi.

    Komentar

    Fresh