Sejarah Jazz Goes to Campus di UI | OPINI.id

Kamu penikmat musik jazz? Pernah ikut festival musik keren ini? Tahu gak sejarahnya? Swipe this stories!

Apa Itu Musik Jazz?

Sebelum lebih lanjut bahas soal sejarah Jazz Goes to Campus, sebaiknya sih kamu tahu tentang musik Jazz dulu yaa. Musik Jazz ini merupakan aliran musik yang datang dari Amerika Serikat yang pada awal kemunculannya itu adalah perpaduan musik Afrika dan Eropa ditambah improvisasi pemain musiknya.

Kapan Musik Jazz Masuk ke Indonesia?

Aliran musik ini pertama kali diperdengarkan pada tahun 1930-an oleh imigran Filipina pada sebuah acara hotel di Jakarta. Kehadiran pertama kalinya membuat musik ini dicap sebagai musik mahal, sebab pergelarannya pasti diadakan di hotel dan cafe mewah di Jakarta.

Musik Jazz Semakin di Kenal Masyarakat Indonesia Kala Itu

Seiring berjalannya waktu musik ini mulai merambat ke kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung dan Surabaya. Meski begitu, pagelarannya masih tetap bernuansa mewah.

Mimpi Mahasiswa UI

Awal dari pelaksanaan Jazz Goes To Campus ini adalah berawal dari mimpi seorang mahasiswa bernama Candra Darusman yang memiliki tujuan sederhana yaitu membumikan musik Jazz. Akhirnya pada 1970-an diadakan pagelaran musik Jazz pertama ditingkat kampus yang diberi nama Jazz Goes To Campus (JGTC)

Jazz Goes To Campus Semakin Populer

Bisa dibilang festival musik ini cukup menarik perhatian anak muda saat ini. Seiring perkembangannya mereka bisa menghadirkan musisi bertaraf Internasional lho. Bahkan tercatat tahun 2016 kemarin jumlah penontonnya menacapai 20000 penonton.

Mau tahu dong kamu suka musik Jazz gak?
Suka Bangeeet
Biasa Aja
62 votes

Komentar

Fresh