3 Ilmuwan Perempuan Indonesia | OPINI.id

Kiprah perempuan di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi masih dipandang sebelah mata. Sebagian besar ilmuwan memang dikenal lahir sebagai kaum Adam. Di Indonesia masih sedikit sekali nama ilmuwan perempuan, bahkan jika disebutkan siapa saja ilmuwan di Indonesia secara menyeluruh banyak yang tidak tahu. Padahal prestasi mereka sungguh membanggakan dan sudah diakui oleh dunia. Siapa saja kira-kira ilmuwan perempuan di Indonesia? Mari kita berkenalan dengan mereka.

Evvy Kartini

Prof Dr rer. nat. Evvy Kartini adalah ilmuwan penemu penghantar listrik berbahan gelas. Evvy menjadi salah satu orang dari hanya sepuluh ahli sejenis yang ada di dunia. Prestasinya telah diakui dunia . Karir penelitian Evvy dimulai ketika dia menyelesaikan S2-nya. Dia berhasil menemukan model baru difusi dalam material gelas. Bagi kebanyakan orang, gelas hanya dipergunakan untuk alat rumah tangga saja. Bagi Evvy, gelas bisa menjadi penghantar listrik. Evvy menjajaki penelitian dari material gelas tersebut setelah mendapat kesempatan belajar di Jerman. Hasil risetnya mendapat tanggapan positif dari para pelaku industri dalam dan luar negeri.

Baca juga:

    Hanies Ambasari

    Hanies Ambasari adalah ibu dari enam orang anak. Dia adalah ilmuwan senior di bidang mikrobiologi. Hanies terlibat dalam proyek teknologi remediasi lingkungan di Badan Teknologi Limgkungan. Dia juga menjadi perwakilan dari BPPT.

    Is Helianti

    Is Helianti lahir di Jakarta, 26 November 1970. Dia lulus S1 tahun 1996 pada jurusan Applied Life Science, Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik di Universitas Tohoku-Sendai, Jepang. Di tahun 2001 Is Helianti menyelesaikan program Master-nya pada School of Materials Science, Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST).  Sampai tahun 2002 dia menjadi peneliti posdoktoral di kampus yang sama. Bidang kajian dan penelitian yang digelutinya adalah rekayasa genetika pada E.coli dan Bacillus, metagenomik, dan enzim (termofilik) beserta pemanfaatannya dalam industri dan aplikasi lainnya. Saat ini dirinya menjadi salah satu staf peneliti di Pusat Teknologi Bioindustri, BPPT.

    apakah kamu pernah bercita-cita menjadi ilmuwan?
    iya... ilmuwan cinta
    bukan anak IPA jadi gak mau
    kalo takdir ya mau aja
    34 votes

    Komentar

    Fresh