Cara Barasuara Menyuarakan Pikiran dan Perjalanan | OPINI.id
Cara Barasuara Menyuarakan Pikiran dan Perjalanan

Setelah sukses meluncurkan album perdana "Taifun" empat tahun lalu, Barasuara kembali mempersembahkan karya baru bertajuk "Pikiran dan Perjalanan". Masih mengusung musik rock, album Pikiran dan Perjalanan menghadirkan berbagai tema tentang kehidupan.

Barasuara yang beranggotakan Iga Massardi, TJ Kusuma, Gerald Situmorang, Marco Steffiano, Asteriska Widiantini dan Puti Chitara ini, merilis album Pikiran dan Perjalanan lewat kerja sama dengan Darlin’ Records, dimana album Pikiran dan Perjalanan ini telah digarap sejak 2015 lalu.

Kehadiran album kedua ini mendapatkan perhatian yang besar dari para penggemar Barasuara, yang biasa disebut 'penunggang badai' hingga berhasil membawa album kedua 'Pikiran dan Perjalanan' mereka ini ke puncak tangga album iTunes Store saat dirilis 8 Maret 2019 lalu. Tak hanya itu, dalam dua hari sejak dirilis, album ini juga telah didengarkan oleh hampir satu juta kali di semua platform digital.

Barasuara Foto: Instagram @barasuara

Hingga akhirnya Barasuara menggelar acara peluncuran album kedua Pikiran dan Perjalanan ini pada Rabu (13/3/2019) lalu. Acara peluncuran album kedua ini sekaligus juga menjadi kali pertama diperdengarkannya sembilan lagu baru dari album ‘Pikiran dan Perjalanan' dalam bentuk pergelaran yang bernuansa lebih dekat dengan penggemarnya, dibanding pertunjukan-pertunjukan Barasuara sebelumnya.

Seperti sajian musik Barasuara yang memiliki keunikan tersendiri, lirik sembilan lagu di dalam album kedua ini juga menggambarkan berbagai keunikan perasaan yang dialami banyak orang. Album 'Pikiran dan Perjalanan' adalah kalut dan harapan yang dibungkus dalam bentuk musikal; sebuah memoir tentang kompleksitas perasaan, ekspektasi, kebahagiaan, kekecewaan, dan naik turunnya kondisi mental manusia.

Barasuara Foto: Instagram @barasuara

Pikiran dan Perjalanan, berisikan kata-kata syair indah yang ditulis dengan sangat personal terhadap setiap kejadian. Tentang bertahan hidup, tentang melaju dari dalam gelap, dan akhirnya merayakan banyak kebaikan. Kumpulan lagu tersebut adalah gambaran bahwa pemikiran dan jalan hidup orang akan menjadi sebuah proses pembelajaran tanpa henti.

Iga Massardi, vokalis sekaligus gitaris Barasuara mengungkapkan bahwa 'Pikiran dan Perjalanan' mungkin bisa jadi sebuah penguat untuk orang yang mendengarkan. Kumpulan lagu ini adalah gambaran bahwa pemikiran dan jalan hidup orang akan menjadi sebuah proses pembelajaran tanpa henti dan dengan atau tanpa prediksi.

Barasuara juga siap untuk menelurkan video klip baru ketika album rilis. Namun, mereka masih merahasiakan lagu mana yang akan dibuatkan video klipnya. Tak hanya merilis album dalam format digital, Barasuara juga dalam bentuk fisik.

Ada alasan tertentu mereka tetap merilis album fisik seperti yang diungkapkan Iga berikut ini;  "Secara estetika berbeda jika kita cuma dengerin di Spotify dan lainnya, dibanding kita bikin album fisik. Kalau cuma digital, ya, kayak lo enggak punya romantisme terhadap albumnya," ungkap Iga.

Apa kamu udah denger lagu-lagu dari album terbaru Barasuara ini?
Sudah dong, asyik, keren!
Baru tahu
Ga minat
2 votes

Komentar

Fresh