Demi Grammy Award, Dhira Bongs Manggung di SXSW | OPINI.id
Demi Grammy Award, Dhira Bongs Manggung di SXSW

Dhira Bongs, solois beraliran "Explorative Pop" sukses memukau publik Austin, Texas, Amerika. Membawakan tujuh lagu pada festival hipster terbesar, SXSW 2019 menjadi jalannya meraih mimpi besar, mendapatkan Grammy Award. Performa Dhira di The Townsend Austin mampu menghipnotis pecinta musik yang hadir. Terbukti dengan apresiasi yang begitu baik lewat tepuk tangan dan sanjungan untuk terus tampil.

"Alhamdulillah semuanya sudah dilalui. Meski awalnya nervous, tapi setelah lagu ketiga sudah bisa handle. Seneng banget, akhirnya selesai," cerita Dhira usai manggung di Townsend, Selasa (12/3/2019).

Keikutsertaan Dhira kali ini terbilang spesial karena dia terpilih langsung dari tim SXSW 2019. Mendaftarkan diri awal 2018 dan akhirnya lolos dan mendapatkan kabar di akhir tahun yang sama. "Gue coba memberanikan diri waktu itu, oke tahun ini gue mau main di SXSW ternyata alhamdulillah...," katanya.

Dhira berharap dengan penampilannya di publik Amerika menjadi jalan baru karir musik di level internasional. Bahkan ini menjadi awal dari terbukanya peluang mewujudnya cita-cita meraih Grammy Award. "Salah satu mimpi sebagai musisi adalah Grammy Award sebenernya, hehehe, boleh kan. Dan itu kenapa kita ingin memasuki pasar internasional. Itu adalah mimpi gue," tegasnya.

Clara Prima/Opini.id

 

Musisi Indonesia Berkelas

Kualitas musisi Indonesia sudah layaknya menggapai pasar yang lebih besar. Jangan hanya menggarap pasar dalam negeri. Waktunya go global. Misi inilah yang dibawa Dhira dalam penampilannya di panggung SXSW 2019.

"Kita tentu berharap untuk Indonesia lebih terlihat lagi oleh industri musik internasional dan bahwa keindonesiaan tidak harus dijual dengan budaya, pakaian tradisional, tapi ya kita, kualitas Indonesia sekarang ini," katanya.

Di kawasan Asia Tenggara, musisi Indonesia sudah menjadi baromenter musik negara lain. Kini waktunya mencatatkan mimpi yang lebih besar, yakni kuasai dunia. "Kualitas kita sudah sangat baik, jadi gak akan takut sih kalau musik Indonesia diadu dengan musik-musik di industri internasional. Ini juga jadi salah satu kesempatan untuk mengenalkan Indonesia. Kita gak jelek, justru sungguh luar biasa bagus," ucap Dhira.

Usai menonton langsung penampilan Dhira, Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) mendoakan Dhira segara dapat berkolaborasi dengan musisi Amerika dan mendapatkan produser musik untuk mengeluarkan album internasional. "Dhira performance-nya excellence. Jadi kita doakan bersama. Ini awal yang baik," katanya.

Penggiat musik, sekaligus Anggota Steering Committee "Hello Dangdut", David Tarigan juga memuji penampilan Dhira hari ini. Aksi Dhira sekaligus menegaskan bahwa musiknya bukan city pop Jepang, tapi jauh lebih kaya. "Penampilan yang luar biasa tadi membuktikan dia beda. Semoga setelah ini rekaman di Amerika," jelas David.

Clara Prima/Opini.id

Dhira menjelaskan alasan menyebut aliran musiknya "Explorative Pop". Ini bukan genre musik pop biasa, karena ada percampuran Jazz, Disko, RnB, ataupun lainnya. "Perkawinan silang genre musik itu jadi membuahkan bunyi-bunyian baru, warna-warna baru dan itu yang gue tawarkan. Dari musik kombinasi gue, suara gue," katanya.

Bikin Video Klip di New York

Dalam kesempatan tampil di SXSW 2019, Dhira akan membuat video klip untuk album ketiganya. Pembuatan akan berlangsung di New York, selain juga mengambil beberapa pengambilan di Austin. Klip menjadi bagian dari rencana pelantun 'Jangan Tumbuh' itu untuk perilisan album pada Juli 2019.

"Kita mau sekalian shooting klip, lagunya juga pertama kalinya banget aku bawain di SXSW. Agak padat, jadi kita rekaman mungkin sekitar pertengahan April. Kalau rilis insyaallah Juli, Agustus ini," ucapnya.

Kamu tertarik datang ke SXSW?
Pengen
Gak ah
Mau kalo dibayarin
2 votes

Komentar

Fresh