Syarat & Ketentuan

Persyaratan Penggunaan Layanan Situs Opini.id ('Syarat dan Ketentuan') ini dibuat oleh PT. Opini Visi Media sebagai pengelola Situs Opini.id, termasuk di dalamnya fitur-fitur seperti RSS feeds, podcasts, mobile website, dan aplikasi untuk mengakses Opini.id ('Situs Opini.id') untuk dimengerti dan diterima digunakan oleh semua pihak yang menggunakan Situs Opini.id ('Pengguna').

Syarat dan Ketentuan ini memuat syarat-syarat dan ketentuan penggunaan layanan Situs Opini.id yang berlaku bagi Pengguna untuk dapat menggunakan Situs Opini.id. Bahwa Situs Opini.id selanjutnya dapat disebut juga dengan istilah 'Kami' sedangkan Pengguna selanjutnya dapat disebut juga dengan istilah 'Anda'.

Mohon untuk membaca dengan hati-hati Syarat dan Ketentuan ini. Anda harus membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua Syarat dan Ketentuan dalam Perjanjian ini sebelum menggunakan dan/atau menerima konten yang terdapat di Situs Opini.id. Dengan menggunakan dan/atau melanjutkan akses terhadap Situs Opini.id, Anda secara otomatis menyetujui Syarat dan Ketentuan dan/atau perubahannya dari waktu ke waktu termasuk maupun tidak terbatas pada ketentuan Syarat dan Ketentuan yang mengikat Anda untuk selalu mematuhinya, dan oleh karenanya Anda menyatakan persetujuan untuk dapat menerima layanan dan akses atas seluruh konten yang terdapat dalam Situs Opini.id ini. Jika Anda tidak menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda dipersSilakan untuk meninggalkan Situs Opini.id.

Situs Opini.id berhak untuk menambah atau mengurangi atau memodifikasi atau merubah Syarat dan Ketentuan kapanpun tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Syarat dan Ketentuan yang telah diubah dan diperbarui akan segera berlaku setelah Syarat dan Ketentuan yang telah diubah dan diperbarui tersebut dicantumkan oleh Situs Opini.id. Penggunaan Situs Opini.id oleh Anda akan dianggap sebagai persetujuan Anda terhadap penambahan atau pengurangan atau modifikasi atau perubahan Syarat dan Ketentuan tersebut.

Setiap kegiatan terkait dengan penggunaan Situs Opini.id, dilindungi secara hukum melalui Undang - Undang Republik Indonesia No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan peraturan perundangan lainnya yang berlaku. Segala bentuk perikatan yang timbul dari segala aktivitas di Situs Opini.id telah memenuhi kaidah dan syarat sahnya suatu perikatan sebagaimana yang tercantum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

1.  PENDAHULUAN

  1. Syarat dan Ketentuan Situs Opini.id ini diatur, diinterprestasikan dan tunduk berdasarkan Hukum Republik Indonesia ("Indonesia").
  2. Dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dimaksud dengan "Pengguna" adalah orang perseorangan, baik warga negara Indonesia, warga negara asing, maupun badan hukum dengan kemampuan menggunakan komputer, jaringan komputer dan/atau media elektronik lainnya mampu untuk mengakses Situs Opini.id sesuai dengan keperluannya. Dalam hal ini termasuk juga Pengguna yang telah mendaftarkan diri pada Situs Opini.id sebagai Pengguna Terdaftar (sebagaimana didefinisikan dibawah) atau Pengguna tersebut membayar untuk layanan tertentu yang mungkin disediakan oleh Situs Opini.id.
  3. Dengan mengakses atau menggunakan Situs Opini.id ini, Pengguna sebagaimana didefinisikan dalam butir 1.2. di atas secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun menyatakan diri setuju untuk menerima semua syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini. Sebagai Pengguna, Pengguna terikat dengan syarat dan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan yang berlaku dalam hal Pengguna mengakses atau menggunakan Situs Opini.id ini. Jika Pengguna tidak menerima semua syarat dan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, Pengguna dipersSilakan untuk meninggalkan Situs Opini.id.
  4. Dalam Situs Opini.id akan atau telah terdapat sambungan atau hyperlink ("Pranala") ke situs world wide web lainnya, isi/konten pihak ketiga, atau iklan. Kami tidak bertanggung jawab atas tersedianya Pranala tersebut, situs world wide web lainnya beserta isi/konten dan iklan di dalamnya. Dengan ditampilkannya isi/konten pihak ketiga dalam Situs Opini.id, tidak berarti bahwa Kami maupun pihak terafiliasi, pejabat, petugas atau pegawainya menjalin hubungan kerja sebagai agen penjualan dengan pihak ketiga tersebut. Isi/konten pihak ketiga sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak penyedia isi/konten. Selain itu Kami juga tidak bertanggung jawab atas kegiatan yang dilakukan oleh Pengguna dan tidak dapat dimintai pertanggungjawaban oleh siapa pun berkaitan dengan kerugian yang diderita pihak lain sebagai akibat perbuatan Pengguna dan semua masalah Pengguna terhadap pihak ketiga tersebut harus ditujukan kepada pihak ketiga tersebut. Semua link ke situs pihak ketiga dari Situs Opini.id bukan berarti pengesahan dan endorsement oleh Situs Opini.id dan setiap penggunaan situs oleh Pengguna merupakan resiko Pengguna sendiri.
  5. Semua berita dan foto yang ada di layanan Situs Opini.id, baik yang didapat oleh wartawan Situs Opini.id maupun dari kantor berita asing maupun nasional disajikan apa adanya. Situs Opini.id TIDAK MENJAMIN keakuratan data dan dapat sewaktu-waktu bisa mengganti/menghapus berita-berita yang sudah dimuat.
  6. Materi Situs Opini.id, termasuk informasi, nama, gambar, foto, video, rekaman suara, media lainnya dan ikon yang berkaitan dengan Situs Opini.id, produk dan layanannya (maupun produk dan layanan pihak ketiga) disediakan dengan dasar 'Sesuai Apa Adanya' dan 'Sesuai yang Tersedia. Sampai pada tingkat yang dimungkinkan oleh undang-undang, termasuk jaminan bagi kepuasan kualitas yang tersirat, kelayakan untuk tujuan tertentu, kompatibilitas, keamanan dan akurasi'.

1.  KETENTUAN UMUM BAGI PENGGUNA

  1. Setiap Pengguna tidak diperkenankan untuk mereproduksi, menduplikat, menyalin, menjual, menjual kembali, mengeksploitasi atau mengunduh semua bagian dari Situs Opini.id atau yang diperoleh dari penggunaan dan akses Situs Opini.id untuk keperluan komersil termasuk tapi tidak terbatas pada termasuk tapi tidak terbatas pada diantaranya menjual kembali atau menyebarkan kembali isi Situs Opini.id, melakukan pemasaran masal (lewat email, SMS, surat biasa atau lainnya), menjalankan usaha untuk menyaingi Situs Opini.id. Pengguna juga tidak diperbolehkan mengambil isi/konten Situs Opini.id secara sistematis untuk membuat atau menyusun, baik secara langsung maupun tidak langsung, koleksi, kompilasi, database atau direktori (baik menggunakan perangkat lunak ataupun proses manual) tanpa izin tertulis dari Kami. Selain itu Pengguna tidak diperkenankan menggunakan isi/konten atau bahan tersebut di atas untuk tujuan apa pun yang tidak disebutkan di dalam Persyaratan ini. Pelanggaran dari ketentuan ini akan mengakibatkan sanksi Pidana dan Perdata kepada Pengguna sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  2. Dengan izin tertulis yang telah didapatkan oleh Pengguna dari Kami, setiap isi/konten yang diambil dari Situs Opini.id dapat dipublikasikan di tempat lain oleh Pengguna. Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, Pengguna wajib memberi kredit dan/atau referensi kepada Situs Opini.id dengan cara mencantumkan logo dan/atau menulis sumbernya yaitu Situs Opini.id serta memberi link ke halaman Situs Opini.id pada setiap materi yang digunakan.
  3. Saat mengunjungi dan menggunakan Situs Opini.id, termasuk setiap fitur dan layanannya, setiap Pengguna tidak perkenankan untuk:
  1. Melanggar setiap hukum yang berlaku (termasuk tetapi tidak terbatas pada peraturan mengenai pengawasan ekspor, perlindungan konsumen, persaingan usaha tidak sehat, anti diskriminasi, SARA, iklan palsu, hak asasi, hak cipta, hak merek, rahasia dagang, hak paten dan/atau hak-hak lainnya, pernyataan yang mencemarkan nama baik, mengganggu, menguntit atau mengancam pihak lain), hak - hak pihak lain dan aturan - aturan yang diatur pada Persyaratan ini.
  2. Memberikan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat spam, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, pedofilia, inses dan bestialitas atau kandungan lain yang bersifat asusila, bersifat diskriminasi atau rasis, fanatisme, kasar, vulgar dan kata-kata kotor.
  3. Menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).
  4. Menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang pada prinsipnya dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  5. Merendahkan, mengintimidasi dan melanggar hak group atau individu tertentu, melakukan penghinaan dan menghasut setiap group atau individu untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum.
  6. Menyebarkan, mendukung dan/atau menyediakan instruksi kegiatan yang melanggar hukum atau membahas kegiatan yang melanggar hukum tersebut dengan niat melaksanakannya.
  7. Mengambil tindakan yang dapat mengacaukan sistem saran atau masukan dan atau peringkat (seperti menampilkan, mengimpor atau mengekspor informasi atau masukan dari situs luar atau menggunakannya untuk tujuan yang tidak terkait dengan Situs Opini.id).
  8. Memberikan akun di Situs Opini.id (termasuk saran atau masukan) dan nama akun kepada pihak lain tanpa sepengetahuan Kami.
  9. Menyebarkan virus atau seluruh teknologi lainnya yang sejenis yang dapat merusak dan/atau merugikan Situs Opini.id, affiliasinya dan Pengguna lainnya.
  10. Memasukkan atau memindahkan fitur pada Situs Opini.id tidak terkecuali tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari Kami.
  11. Menyimpan, meniru, mengubah, atau menyebarkan konten dan fitur Situs Opini.id, termasuk cara pelayanan, konten, hak cipta dan intelektual yang terdapat pada Situs Opini.id.
  12. Mengiklankan suatu produk atau jasa tertentu.
  13. Melanggar hak privasi individu atau group tertentu dengan mempublikasikan data/informasi pribadi individu atau group tersebut.
  14. Melakukan tindakan yang mengandung unsur penipuan, seperti misalnya menyamar sebagai orang atau group atau entitas tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada karyawan Situs Opini.id atau dengan sengaja secara salah menyatakan afiliasi terhadap orang atau group atau entitas tertentu.
  15. Mengambil atau mengumpulkan informasi dari Pengguna lain, termasuk alamat email, tanpa sepengetahuan Pengguna yang bersangkutan.
  16. Mempromosikan copy ilegal atau tanpa wewenang atas karya orang lain yang telah diberikan hak cipta, seperti memberikan program komputer bajakan atau link ke program tersebut, memberikan informasi untuk mengelakkan alat-alat pelindung copy yang telah dipasang pabrik, atau memberikan musik bajakan atau link ke file-file musik bajakan.
  17. Dan setiap tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma dan kode etik yang berlaku.
  4. Kami berhak membatasi atau tidak memberikan akses, atau memberikan akses yang berbeda untuk dapat membuka Situs Opini.id dan fitur di dalamnya kepada masing-masing Pengguna, atau mengganti salah satu fitur atau memasukkan fitur baru tanpa pemberitahuan sebelumnya. Setiap Pengguna sadar bahwa jika Situs Opini.id tidak dapat digunakan seluruhnya atau sebagian karena alasan apapun, maka usaha atau kegiatan apapun yang dilakukan Pengguna dapat terganggu. Setiap Pengguna dengan ini sepakat bahwa karena alasan apapun membebaskan Kami dari segala bentuk pertanggungjawaban terhadap Pengguna atau terhadap pihak ketiga jika yang bersangkutan tidak dapat menggunakan Situs Opini.id (baik karena gangguan, dibatasinya akses, dilakukannya perubahan fitur atau tidak dimasukkannya lagi fitur tertentu atau karena alasan lain);atau jika komunikasi atau transmisi tertunda, gagal atau tidak dapat berlangsung;atau jika timbul kerugian (secara langsung, tidak langsung) karena digunakannya atau tidak dapat digunakannya Situs Opini.id atau salah satu fitur di dalamnya.
  5. Dengan terus melakukan akses atau terus menggunakan Situs Opini.id, Pengguna dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui ketentuan Situs Opini.id tentang Panduan Privasi yang mengatur masalah penggunaan informasi yang dimasukkan masing-masing Pengguna ke dalam Situs Opini.id. Pengguna menerima ketentuan ini beserta setiap tambahan atau perubahan atau pembaruannya. Segala informasi yang dimasukkan Pengguna akan dianggap tidak pribadi dan Situs Opini.id tidak berkewajiban untuk menganggap data/informasi tersebut sebagai rahasia kecuali yang dicantumkan di Panduan Privasi.
  6. Situs Opini.id tidak menjamin semua fungsi yang tersedia di Opini.id tidak akan terganggu atau bersih dari kesalahan, bahwa kesalahan itu akan bisa diperbaiki oleh Opini.id;bahwa Opini.id maupun pemberi layanan yang membuat materi tersedia, bebas dari virus atau bug. Namun Kami menjamin bahwa Kami akan berusaha semampu kami untuk memberi layanan yang bebas dari virus dan/atau bug atau kesalahan-kesalahan lainnya. Pengguna menyadari bahwa merupakan tanggungjawab Pengguna sendiri untuk menerapkan semua prosedur yang mencukupi dan memeriksa virus (termasuk anti virus dan pemeriksaan keamanan lain) untuk menjamin kebutuhan khusus Pengguna bagi akurasi masuk dan keluarnya data.
  7. Anda setuju bahwa Kami adalah distributor atau penyalurhanya menyediakan layanan berupa forum sebagai sarana untuk berbagi informasi dan/atau berdiskusi atas sesuatu hal, dan bukan merupakan penerbit dari isi/konten yang disediakan pihak ketiga dan Pengguna. Segala opini, saran, pernyataan, jasa, penawaran, atau informasi lainnya yang terkandung dalam isi/konten tersebut adalah tanggung jawab masing-masing penerbit atau pihak ketiga atau Pengguna tersebut, bukan Situs Opini.id. Anda setuju bahwa kami tidak bertanggung jawab atas isi/konten yang disediakan pihak lain. Kami tidak memiliki kewajiban untuk memeriksa isi/konten tersebut, tapi kami berhak menolak untuk memuat atau menyunting isi/konten yang dikirim. Kami memiliki hak untuk menghapus isi/konten untuk berbagai alasan, tapi kami tidak bertanggung jawab atas kegagalan atau penundaan penghapusan materi tersebut.

3.  PENGGUNA TERDAFTAR

  1. Dengan memilih untuk membuat akun sebagai member dari Situs Opini.id, Pengguna Terdaftar akan membuat sebuah nama akun dan password (kata sandi) ketika menyelesaikan proses registrasi.
  2. Bahwa untuk Pengguna yang dianggap belum dewasa berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, wajib mendapatkan bimbingan dan pengawasan orang tua dalam melakukan akses dan melakukan proses registrasi terhadap Situs Opini.id.
  3. Registrasi akun ini dimaksudkan hanya untuk satu entitas Pengguna saja. Anda tidak diizinkan untuk memakai secara bersama akun tersebut dengan siapa pun. Pengguna Terdaftar bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan atas nama akun dan password serta Pengguna Terdaftar bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kegiatan yang diatasnamakan nama akun Pengguna Terdaftar.
  4. Semua akun harus didaftar dengan alamat email yang sah dimana Pengguna Terdaftar dapat melakukan dan menerima akses secara teratur sehingga email moderasi bisa dikirim ke Pengguna Terdaftar. Akun yang didaftarkan dengan alamat email pihak lain atau dengan alamat sementara akan ditutup tanpa pemberitahuan. Kami mungkin meminta Pengguna mengesahkan/verifikasi akun mereka jika Kami yakin Pengguna menggunakan alamat email yang tidak sah.
  5. Semua berita dan foto yang ada di layanan Situs Opini.id, baik yang didapat oleh wartawan Situs Opini.id maupun dari kantor berita asing maupun nasional disajikan apa adanya. Situs Opini.id TIDAK MENJAMIN keakuratan data dan dapat sewaktu-waktu bisa mengganti/menghapus berita-berita yang sudah dimuat.Pengguna Terdaftar menyetujui untuk segera memberitahukan kepada Kami di saran@opini.id setiap adanya dugaan penggunaan yang tidak sah / valid dengan pengatasnamaan nama akun Pengguna Terdaftar, peretasan keamanan termasuk kehilangan, pencurian atau pengungkapan tidak sah dari password atau informasi kartu kredit Anda.
  6. Kami juga menyarankan agar Pengguna Terdaftar keluar (log out) dari akun pada setiap akhir dari aktivitas pada Situs Opini.id untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyalahgunaan atas akun yang bersangkutan.
  7. Kami berhak sepenuhnya untuk membatasi, memblokir atau mengakhiri pelayanan dari suatu akun, melarang akses suatu akun ke Situs Opini.id dan isi/konten, layanan, dan memperlambat atau menghapus hosted content, dan mengambil langkah-langkah hukum jika Kami menganggap akun dari Pengguna tersebut melanggar hukum yang berlaku, melanggar hak milik intelektual dari pihak lain, atau melakukan suatu pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.
  8. Bahwa Pengguna Terdaftar tidak diperkenankan menjual, berupaya menjual, menawarkan untuk menjual, memberikan, menyerahkan atau mengalihkan akun, identitas Pengguna atau kata sandi kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan dan persetujuan tertulis sebelumnya dari Kami. Kami dapat menangguhkan atau menghentikan akun Pengguna Terdaftar maupun Pengguna atau akun pihak yang menerima pengalihan dari Pengguna Terdaftar maupun Pengguna yang dijual, ditawarkan untuk dijual, diberikan, diserahkan atau dialihkan dengan melanggar ketentuan dalam Pasal ini. Apabila dengan keterbatasan kemampuan Kami dalam mengidentifikasi pelanggaran ini, maka seluruh akibat, resiko dari pengalihan tersebut adalah merupakan tanggung jawab dari Pengguna Terdaftar maupun Pengguna yang mengalihkan dan yang menerima.

4.  HAK DAN KEWAJIBAN PENGGUNA

  1. Setiap Pengguna bertanggungjawab atas seluruh hal yang dilakukan di Situs Opini.id yang diatasnamakan Pengguna tersebut termasuk penggunaan akun oleh pihak ketiga yang diberi wewenang oleh Anda.
  2. Setiap Pengguna bertanggungjawab sepenuhnya jika Pengguna melakukan pelanggaran terhadap ketentuan - ketentuan yang telah dirincikan pada Syarat dan Ketentuan ini, dan menyetujui untuk melepaskan Kami beserta afiliasi atas seluruh kerugian yang diakibatkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.
  3. Dengan berbagi kontribusi kepada Situs Opini.id (termasuk naskah apapun, foto, grafik, video atau audio) Pengguna sepakat memberikan kepada Situs Opini.id, tanpa bayaran dan royalti, hak non eksklusif dan lisensi atas penggunaan kontribusi tersebut, izin penggunaan materi (isi/konten), itu dengan cara apapun yang diinginkan (termasuk dan tidak terbatas pada publikasi, reproduksi, modifikasi, penghapusan, adaptasi, terjemahan, menginkorporasikan ke dalam produk lain, distribusi, sublisensi dan eksploitasi materi isi/konten itu menyesuaikan demi kepentingan operasi dan redaksional) untuk layanan Situs Opini.id di semua media di seluruh dunia (termasuk Situs Opini.id yang mungkin diakses oleh pengguna internasional). Dalam kasus tertentu Situs Opini.id mungkin memberi materi tersebut kepada pihak ketiga yang bisa dipercaya. Dengan ini Anda menyatakan dan menjamin bahwa isi/konten tersebut adalah akurat dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar Persyaratan ini, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Pengguna akan memiliki hak moral dari kontribusinya terhadap isi/konten tersebut. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa:
  1. Pengguna tidak memerlukan informasi pribadi yang mengidentifikasi Pengguna dalam penggunaan isi/konten atau hasil produk yang berasal dari isi/konten tersebut.
  2. Pengguna tidak berkeberatan atas publikasi, penggunaan, modifikasi, penghapusan dan eksploitasi isi/konten kontribusi tersebut.
  3. Pengguna selamanya melepaskan klaim atas hak yang timbul akibat hak moral tersebut.
  4. Pengguna selamanya melepaskan Situs Opini.id, pemegang lisensi, penerus dan penerima haknya dari segala klaim yang bisa ditujukan kepada Situs Opini.id, pemegang lisensi, penerus dan penerima haknya yang timbul dari hak moral tersebut.
Hak cipta kontribusi itu tidak eksklusif sehingga Pengguna bisa menggunakannya dengan cara apapun, termasuk memungkinkan pihak lain, termasuk Pengguna lain, menggunakannya.
  5. Agar Situs Opini.id bisa menggunakan kontribusi tersebut, Pengguna harus memastikan bahwa kontribusi Pengguna tersebut merupakan hasil karya sendiri dan tidak bertentangan maupun melanggar Undang-undang, bahwa Pengguna memiliki hak untuk memberi ijin kepada Situs Opini.id dalam menggunakannya guna tujuan yang sudah dijelaskan di atas, dan Pengguna telah mendapat ijin dari siapapun yang bisa diidentifikasi dalam kontribusi tersebut.
  6. Jika Pengguna tidak bersedia memberikan ijin yang sudah ditetapkan di atas, mohon jangan kirim atau bagi kontribusi tersebut ke Situs Opini.id.
  7. Pengguna menyetujui bahwa Situs Opini.id tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua konten (teks, gambar, audio, video, dsb) yang dimuat/diposting oleh Pengguna. Setiap Pengguna wajib menjaga ketertiban sehingga tercipta kondisi yang nyaman bagi semua Pengguna lainnya untuk berinteraksi di Situs Opini.id.Dalam kasus materi yang berkaitan dengan berita, mohon diingat bahwa materi itu mungkin akan dibagi kepada mitra Situs Opini.id di dalam negeri maupun di luar negeri;mereka adalah lembaga penyiaran yang punya reputasi dan mempunyai kebijakan untuk tidak mengubah materi bersangkutan dengan cara apapun atau memberikan kepada lembaga penyiaran lain baik di Indonesia ataupun di luar negeri maupun ke media cetak.

5.  HAK MILIK INTELEKTUAL

  1. Kami adalah pemilik tunggal atau pemegang sah semua hak atas situs dan isi/konten dalam Situs Opini.id termasuk didalamnya adalah informasi berupa text, gambar, logo, suara, musik, video, segala bentuk design grafis, piranti lunak dan keseluruhan isi/konten yang ditampilkan di Situs Opini.id maupun elemen-elemen pendukungnya merupakan Hak Cipta Kami dan dilindungi oleh Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.
Situs Opini.id dan Isinya mencakup rahasia dagang, merek, paten dan hak milik intelektual yang dilindungi oleh Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, Undang-Undang No. 30 tahun 2000 tentang Rahasia Dagang, Undang-Undang No. 15 tahun 2001 tentang Merek, Undang-Undang No. 14 tahun 2001 tentang Paten dan undang-undang serta perjanjian internasional yang melindungi kekayaan intelektual lainnya yang berlaku di seluruh dunia. Semua hak cipta, merek dagang, hak rancang, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya (yang tercatat maupun tidak tercatat) di Situs Opini.id dan semua isi (termasuk seluruh aplikasi) yang terdapat di dalam situs tetap dipegang oleh Kami atau pemilik lisensinya (yang mencakup pengguna lain).
Pengguna tidak boleh mengcopy, memproduksi ulang, mempublikasikan kembali, membongkar, merekayasa, mengunduh, mengirimkan, menyiarkan, menyediakan kepada khalayak umum isi/konten Situs Opini.id dengan cara apapun kecuali dengan izin dari Situs Opini.id untuk kepentingan pribadi Pengguna, penggunaan non-komersial dan penggunaan yang diperbolehkan Undang-Undang No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.
Dalam hal penggunaan yang diizinkan oleh undang-undang, Pengguna juga sepakat untuk tidak menyesuaikan, mengubah, atau menciptakan pengembangan karya, tidak menghapus atau mengubah atribusi terhadap kontributor, dan menggunakan merek Situs Opini.id atau pemberitahuan hak cipta harus dicantumkan. Penggunaan lain materi Situs Opini.id membutuhkan ijin tertulis sebelumnya dari Kami. Semua hak yang tidak dicantumkan di dalam Persyaratan ini atau oleh Kami dengan ini dilindungi undang-undang.
  2. Situs Opini.id, nama, jenis tulisan, susunan warna, ikon, logo serta apapun yang didefinisikan sebagai merek di dalam Undang-Undang No. 15 tahun 2001 tentang Merek merupakan merek dagang terdaftar di berbagai wilayah hukum dan dilindungi Undang-Undang No. 15 tahun 2001 tentang Merk. Dilarang keras menggunakan, mengubah, menggunakan, atau memasang merek-merek tersebut di atas tanpa seijin Kami.
Tidak ada hal dalam Persyaratan ini yang bisa ditafsirkan sebagai memberi lisensi maupun hak apapun dalam penggunaan merek dagang, hak rancang atau hak cipta Situs Opini.id dan/atau pihak ketiga.
  3. Opini.id berhak untuk melakukan penyeleksian dan editing sesuai dengan kebutuhan teknis yang berlaku pada setiap layanan Situs Opini.id atas segala macam bentuk materi yang diterima dari Pengguna termasuk maupun tidak tidak terbatas melakukan pembatalan ataupun melakukan penghapusan atas hasil unggahan/upload sesuai dengan penilaian tim redaksi Situs Opini.id tanpa bisa diganggu gugat dan dengan tetap mengacu pada kode etik dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk setiap materi yang lolos proses penilaian.

6.  GANTI RUGI

Pengguna setuju untuk mengganti kerugian termasuk biaya pengacara dan membebaskan Situs Opini.id, beserta semua direksinya, dewan komisarisnya, pemegang sahamnya, karyawannya, agen dan wakilnya dan masing-masing afiliasi-afiliasinya beserta anak perusahaan dan afiliasinya dan masing-masing direksinya, dewan komisarisnya, petugasnya, pemegang sahamnya, karyawannya, pengacaranya, konsultan dan penasihat profesional, pegawai, penerus pemegang hak yang ditunjuk oleh Situs Opini.id atas setiap tuntutan dan gugatan oleh pihak ketiga akibat dari kelalaian Pengguna atas materi data-data informasi yang diberikan/diisikan/diupload pada setiap layanan Situs Opini.id.

7.  PEMBERITAHUAN

  1. Semua pemberitahuan atau permintaan informasi kepada atau tentang Kami akan diproses jika dibuat secara tertulis dan dikirimkan kepada:
PT. Opini Visi Media
Wisma 77, Tower 2 lantai 9
Slipi, Jakarta Barat
Atau melalui email ke: info@opini.id.
  2. Semua pemberitahuan atau permintaan kepada atau tentang Pengguna akan diproses jika diserahkan langsung, dikirimkan melalui kurir, surat tercatat, faksimili atau email ke alamat surat, nomor faksimili atau alamat email yang diberikan oleh Pengguna kepada Kami atau dengan cara memasang pemberitahuan atau permintaan tersebut di satu tempat di Situs Opini.id yang dapat diakses oleh umum tanpa dikenai biaya. Pemberitahuan kepada Pengguna akan dianggap sudah diterima oleh Pengguna tersebut jika dan bila:
  1. Kami dapat menunjukkan bahwa komunikasi itu, baik dalam bentuk fisik maupun elektronik, telah dikirimkan kepada Pengguna tersebut.
  2. Kami sudah memasang pemberitahuan tersebut di tempat di Situs Opini.id yang dapat diakses oleh umum tanpa dikenai biaya.

8.  PENUTUP

  1. Hubungan Kami dan Pengguna merupakan hubungan independen dan tidak ada hubungan keagenan, kemitraan, usaha patungan, karyawan-perusahaan atau pemilik waralaba-pewaralaba yang akan dibuat atau dibuat dengan adanya Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Judul di dalam Syarat dan Ketentuan ini dibuat sebagai acuan saja, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang ada atau tercakup dalam pasal tersebut.
  3. Tidak dilaksanakannya hak Kami untuk menuntut hak Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini ataupun tidak diambilnya tindakan oleh Kami terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna terhadap Syarat dan Ketentuan ini tidak akan mengesampingkan atau tidak mengesampingkan hak Kami untuk mengambil tindakan terhadap pelanggaran serupa atau pelanggaran berikutnya.
  4. Syarat dan Ketentuan ini tunduk kepada hukum di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

DISCLAIMER

Dengan mengakses dan menggunakan Opini.id, berarti anda telah memahami dan setuju bahwa:

  1. Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan yang berlaku dan ditetapkan oleh situs Opini.id.
  2. Situs Opini.id ini memuat gabungan informasi yang diperoleh dari kantor-kantor berita baik nasional maupun asing serta hasil liputan para wartawan situs Opini.idinformasi, materi diskusi dan/ataupun konten lainnya yang diunggah oleh Pengguna, dan oleh karenanya. Situs Opini.id tidak memiliki hak cipta secara penuh dan tidak bertanggung jawab terhadap setiap isi/konten berita yang diambil dan berasal dari sumber pihak ketiga seperti surat elektronik, situs berita, milis, dan sebagainya, termasuk dan tidak terbatas pada video, foto, gambar, dan artikel. Sedangkan kami memiliki hak penuh atas isi/konten yang berasal dari hasil liputan para wartawan Situs Opini.id.
  3. Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia No. 19 tahun 2002 mengenai Hak Cipta, kami berusaha semaksimal mungkin untuk selalu menampilkan sumber asli informasi/pemilik (nara sumber) dari setiap isi/konten dalam situs ini yang menggunakan foto, gambar, video, dan artikel, seperti nama fotografer, artis, dan situs asli dari artikel yang disadur dan ditayangkan.
  4. Situs Opini.id tidak bertanggung jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor apapun.
  5. Data dan/atau informasi yang tersedia di situs Opini.id hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Dalam hal situs Opini.id menampilkan artikel mengenai kesehatan dan nutrisi, harap diingat bahwa informasi tersebut juga merupakan rujukan/referensi dan edukasi belaka. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, situs Opini.id beserta semua mitra yang menyediakan data dan informasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi dan waktu penyajian yang disajikan situs Opini.id.
  6. Dalam hal situs Opini.id menyediakan link ke situs lain, termasuk dan tidak terbatas pada situs sumber pihak ketiga, hal tersebut tidak berarti bahwa situs Opini.id menyetujui isi/konten situs pihak ketiga tersebut. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa situs Opini.id tidak bertanggung jawab atas isi/konten atau materi lainnya yang ada pada sumber pihak ketiga tersebut.
  7. Setiap perjanjian dan transaksi antara anda dan pengiklan yang ada di situs Opini.id adalah antara anda dan pengiklan. Anda mengetahui dan setuju bahwa situs Opini.id tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kehilangan atau klaim yang mungkin timbul dari perjanjian atau transaksi antara anda dengan pengiklan.
  8. Situs Opini.id berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.
  9. Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab Opini.id. Situs Opini.id juga tidak bertanggung jawab atas pencemaran nama baik atau tindakan melawan hukum lainnya yang dilakukan pengguna atau pihak ketiga yang terkait dengan penggunaan situs Opini.id.
  10. Semua hasil karya yang dimuat di situs Opini.id baik berupa teks, gambar dan suara serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta Opini.id kecuali isi/konten yang didapatkan dari kantor-kantor berita nasional maupun asing maupun sumber pihak ketiga lainnya. Situs Opini.id berhak untuk menggunakan, menyalin, menunjukkan, menayangkan, mengadaptasikan isi/konten dari pengguna situs Opini.id melalui media apapun dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.